Struktur Kognitif Manusia
Struktur merupakan cara sesuatu disusun atau dibangun, yang disusun
dengan pola tertentu, sedangkan kognitif, Menurut Livingstone, kognitif adalah
kemampuan berpikir dimana yang menjadi objek berpikirnya terjadi pada diri
sendiri. Segala sesuatu tentang pengetahuan, kesadaran, kontrol yang dihasilkan
dari proses berpikir yang terjadi pada diri sendiri.
Kognitif
merupakan aspek-aspek struktur intelek yang digunakan untuk mengetahui sesuatu.
Struktur kognitif meliputi sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi,
dalam teori-teori kognisi mengandung struktur pengetahuan atau struktur kognisi
yang terbangun sepanjang hidup seseorang, sebagai hasil dari pengalamannya dan
kontak-kontak sosialnya.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa struktur kognisi manusia merupakan bagian atau komponen yang terstruktur dalam otak manusia yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia.
Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai
ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat
keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan
fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Perbedaan Struktur Kognitif Manusia dengan Arsitektur Komputer
Pandangan kognitif dalam bidang informasi dianggap berbeda dari
pandangan kognitif tentang kerja otak manusia. Dalam konteks informasi, pandangan
kognitif menekankan pada pengembangan model pemrosesan informasi dalam kerja
otak dan kesadaran manusia.
Arsitektur
komputer merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari
suatu sistem komputer, kompleks namun tidak sekompleks kognisi manusia.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll. Beberapa contoh dari arsitektur komputer adalah arsitektur von Neumann,
CISC, RISC.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar