Senin, 02 Januari 2012

Simple Planting

Mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa gardening merupakan hal yang ribet, susah dan cuma bikin kotor. Tapi, sebenarnya berkebun memiliki manfaat, lho...

Berkebun merupakan hobi yang menyenangkan. Sepulang kerja atau saatakhir pekan, merupakan saat yang menyenangkan untuk merapikan taman di depan rumah atau di belakang rumah. Saat berkebun, kita seperti telah melakukan olahraga yang setara dengan melakukan jogging atau berlari dengan jarak 2,5 km. Oleh karena itu, berkebun memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Kegiatan seperti memotong rumput, memangkas tanaman, merapikan pot, menanam bunga dan tanaman, memberi pupuk serta menyiram tanaman akan membakar kalori yang cukup banyak.

Untuk yang gak suka ribet tapi ingin berkebun, ada beberpa tanaman yang nggak butuh lahan yang besar dan merawatnya gak ribet serta memberikan manfaat pastinya. Apa sajakah itu?

1. Strawberry
Buah strawberry yang cantik dan punya banyak manfaat ini ternyata gampang untuk ditanam. Tanaman ini paling bagus tumbuh di daerah dingin yang tiap harinya, strawberry harus terkena sinar matahari 8 - 10 jam dan disiram 1 kali saja. Buat yang tinggal di daerah panas, kita bisa taruh pot strawberry di teras rumah atau tempat yang nggak kena sinar matahari langsung. Kalau daunnya mengering, semprot pakai sprayer berisi air dingin.

2. Tomat
Menanam tomat dapat dilakukan dengan menanamnya di dalam pot dengan menyebar bijinya di dalam pot. Biji-biji ini nantinya bakal kering dan menjadi bibit tomat yang siap tumbuh dan berbuah. Kalau mau gampang, kita bisa membeli bibit yang sudah jadi. Bibit tomat paling ideal ditanam pada masa peralihan dari musim hujan ke musim panas. Tomat juga gak butuh banyak sina matahari, cuma perlu disiram secara teratur.

3. Jahe
Selain sering dipakai sebagai bumbu dapur, jahe juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. 
Jika ingin berkebun jahe, tanaman ini juga mudah dalam perawatannya. Tinggal tanam saja bibit jahe dngan posisi direbhkan ke tanah yang cukup kering, nggak lembab. Kebetulan, tanaman ini nggak butuh banyak air.

4. Lidah Mertua
Tanaman ini bagus untuk mengatasi polusi udara karena bisa mnyerap 107 jenis polutan daerah padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok!
How to plant it then?
Ambil potongan lidah mertua beserta akarnya, terus ditanam saja di pot dan cukup disiram sekali dalam sehari.

5. Cabai
Cara menanamnya, sebar biji-biji cabai ke pot yang udah di isi tanah subur. Siram secukupnya secara teratur. Beberapa hari berikutnya akan mulai kelihatan tunas kecil. Kalau sudah begin, tinggal dirawat biasa sampai berbuah. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar